fbpx

PELATIHAN ECOPRINT ANGGOTA KOPERASI SYRIAH GEMI

Salah satu program pemberdayaan di GEMI adalah program Ramah Lingkungan bagi anggota dan masyarakat sekitar. Salah satunya adalah kegiatan Pelatihan Ecoprint, yaitu teknik mencetak dedaunan dari alam dengan teknik tertentu ke media lain, seperti kain, keramik, kulit, dsb. Teknik ecoprint ini cukup menarik dipelajari, karena selain bahannya tersedia melimpah di alam, hasilnya unik, juga dapat dilakukan secara manual, dengan menggunakan peralatan yang sederhana.




Sebagai sebuah produk handmade dan bercita rasa seni, ecoprint sangat cocok dilakukan oleh siapa saja dan dari berbagai kalangan umur, baik orang dewasa, remaja, maupun anak-anak. Oleh karena ecoprint ini punya potensi besar untuk dikembangkan, GEMI mencoba untuk melakukan pelatihan ini di Bantul, Gunung Kidul, dan Magelang dengan tujuan memberikan tambahan ketrampilan bagi anggota GEMI untuk meningkatkan pendapatan keluarganya. Apalagi di saat era pandemi, banyak usaha anggota mengalami penurunan omzet dan pendapatan bahkan ada yang gulung tikar. Selain itu, Yogyakarta sebagai daerah destinasi wisata dan ketrampilan para warganya dalam membuat aneka kerajinan terutama seni membatik sudah tidak asing lagi. Sehingga program ini kami harapkan dapat selaras dengan kemampuan dan keahlian warga dan memiliki potensi berkembang yang lebih baik, yang mampu mendukung sektor pariwisata yang merupakan sumber pendapatan utama UKM Yogyakarta.

Pelatihan ecoprint ini merupakan program kerjasama antara GEMI dan Jagad Ecoshi yang dilakukan menggunakan dua teknik yaitu teknik pukul dan teknis kukus dan ternyata antusiasme anggota dan masyarakat sekitar yang mengikuti pelatihan sangat tinggi, bahkan mereka meminta untuk melanjutkan dengan pelatihan lanjutan atau melakukan produksi. Para anggota tidak menyangka bahwa dedaunan, bunga, ranting bisa menjadi sebuah karya yang menakjubkan ketika diaplikasikan pada kain.

Paska pelatihan ecoprint ini, diharapkan para anggota/UKM dapat mengimplementasikan, mengembangkan teknik maupun desain, serta memasarkan produk tersebut. GEMI sebagai  sebagai pendamping program akan terus mendukung mendampingi dan melakuka  pengembangan, terutama pengembangan pasar yang lebih luas.