Sejak bulan Juli 2020, puluhan anggota GEMI mengikuti pelatihan marketing online. Pelatihan ini diadakan berkat kerjasama antara Tokopedia, CCFI, dan ASPPUK. Pelatihan ini diikuti oleh ratusan pegiat UMKM di seluruh DIY. Puluhan diantaranya adalah difabel yang memiliki usaha seperti wayang, makanan khas, dan lain lain.

Kegiatan ini meliputi bagaimana memasarkan produk UMKM secara digital hingga pelaku UMKM dapat meningkatkan penjualannya melalui toko online.

Apalagi di masa pandemi seperti sekarang, jika hanya mengandalkan toko offline maka penjualan akan terus menurun. Tren menunjukkan bahwa konsumen yang membeli barang lewat toko online cenderung meningkat.

Oleh karena itu, pelatihan ini diharapkan mampu membantu UMKM tetap eksis dan bisa bertahan di tengah pandemi global ini. Karena tidak hanya sekadar pelatihan, namun peserta juga diberi pendampingan untuk setiap produknya yang dipasarkan melalui toko online. (li)