Eksistensi koperasi syariah sekarang ini memberikan dampak positif yang cukup signifikan di berbagai kalangan masyarakat. Mayoritas kepala keluarga maupun ibu-ibu yang membuka usaha, menjadi anggota koperasi syariah untuk mengoptimalkan potensi ekonomi yang dimilikinya.

Tak hanya kaum-kaum dewasa berkeluarga yang dapat memanfaatkan kehadiran koperasi syariah ini. Bagi anak-anak muda yang mulai berpikiran dewasa untuk menyiapkan masa depannya, koperasi syariah dapat menjadi salah satu pilihan untuk menempa dirinya. Koperasi syariah dapat dijadikan sebagai sebuah instrumen penunjang dalam mengembangkan dirinya. Setidaknya tiga manfaat yang dapat dirasakan secara langsung bagi anak muda ketika dirinya bersentuhan dengan koperasi syariah,

  1. Belajar berinvestasi

Peranan ekonomi yang diemban koperasi syariah dalam mempertemukan pemilik modal dengan pemilik usaha yang membutuhkan modal dapat dijadikan sebagai best practice pemuda dalam memahami seluk beluk investasi. Bagaimana cara memilih strategi investasi yang baik, memilih pengusaha yang dapat dipercaya dan terjamin perkembangannya memberikan pengalaman yang sangat baik bagi pemuda untuk mengembangkan dirinya menjadi seorang investor di masa depan.

  1. Mempertajam kepekaan sosial

Peranan sosial yang dijalankan koperasi syariah memberikan aspek pengalaman yang berbeda dari lembaga keuangan yang lainnya. Aksesibilitas koperasi syariah kepada mayoritas masyarakat menengah ke bawah memberi pengalaman kepada pemuda untuk bertemu secara langsung pada lapisan masyarakat ini. Dari hal tersebut, pemuda dapat memperkuat rasa bersyukur akan apa yang dimiliki dan memanfaatkan dengan sebaik mungkin apa yang dimilikinya. Selain itu, adanya program kebajikan koperasi syariah bagi kaum dhuafa mengajarkan pemuda untuk memahami akan kewajiban menolong sesama yang melekat di dalam dirinya. Pelembagaan pertolongan yang dilakukan koperasi syariah juga mengajarkan bahwa menolong sesama pun memiliki aturan tersendiri demi optimalisasi bantuan yang diberikan.

  1. Memperkuat pemahaman agama

Konsep syariah yang dijalankan oleh koperasi syariah juga berperan dalam memberikan pemahaman yang baik kepada pemuda untuk memahami operasionalisasi syariah agama di dalam aspek ekonomi. Dengan memahami hal tersebut, akan memberikan sebuah kesadaran dan bersyukur akan agama yang dianutnya. Bahwa agamanya turun ke muka bumi untuk mengatur segala hal tentang kehidupan manusia dan bersifat menyeluruh. Dari sini, ketaatan agama pemuda untuk menciptakan generasi yang mengamalkan agamanya secara baik dapat dibangun secara komprehensif.

Masih banyak hal positif lainnya yang didapatkan dengan aktif di dalam koperasi syariah. Jika saat ini kita telah mengetahui banyak manfaat yang dapat didapat, maka sudah seharusnyalah mulai saat ini kita mencoba bergabung dan mengajak kawan-kawan yang lainnya untuk ikut berperan aktif di dalam koperasi syariah.

 

(berbagai sumber)