Rapat Akhir Tahun (RAT) merupakan agenda pertanggungjawaban pengurus kepada anggota koperasi dalam kepengurusannya selama setahun terakhir. RAT Koperasi GEMI untuk tahun anggaran 2018 ini dilaksanakan pada hari Jumat 29 Maret 2019 di Gedung AMI Yogyakarta.

RAT yang diikuti oleh seluruh pengurus Koperasi GEMI dan 60 orang perwakilan anggota ini dimulai pukul 13.00 WIB, dan diawali dengan makan siang bersama. RAT dibuka dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Mars Koperasi. Sambutan disampaikan oleh perwakilan dari Puskowan Dewi Kunthi, serta Dinas Koperasi Provinsi DIY. Dalam sambutannya, berbagai pihak menyampaikan rasa bangga dan terima kasihnya kepada Koperasi GEMI karena sudah menjadi salah satu koperasi terbaik di Yogyakarta. Laporan keuangan yang membaik serta ketepatan waktu menjalankan program dan RAT menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan tersebut.

Walaupun di lapangan terjadi persaingan dengan lembaga keuangan lain yang memiliki sistem seperti GEMI, terlebih dengan mudahnya peminjaman online yang sedang marak, Koperasi GEMI ternyata masih memiliki banyak anggota yang loyal. Kebanyakan dari anggota loyal ini merasakan keuntungan yang lebih dalam bersama GEMI dibandingkan dengan lembaga keuangan lainnya.

Dalam laporannya, Koperasi GEMi juga mengemukakan keberhasilan program-program yang lain. Bank Sampah yang dikelola GEMI di beberapa titik ternyata mampu menyedot perhatian khalayak hingga mendapat apresiasi dari pemerintah setempat. Program lain seperti WASH, Pemberian Beasiswa GOTA (Gerakan Orang Tua Asuh), juga berjalan dengan baik dan tepat sasaran. Selain itu, program untuk pemberdayaan anggota seperti Pelatihan Bisnis Online, Pelatihan Aloevera, Pelatihan Manajemen Bisnis, menarik perhatian anggota untuk ikut berpartisipasi di dalamnya.

Koperasi GEMI berkomitmen untuk terus mendukung pelaku UMKM terutama ibu-ibu karena Koperasi GEMI percaya bahwa memberdayakan perempuan adalah hal yang mulia dan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

(li)