Setiap hari kita menghasilkan sampah yang jumlahnya ratusan ton. Sampah-sampah tersebut di buang begitu saja tanpa dipilah. Padahal beberapa sampah masih bisa di daur ulang. Selain itu kebiasan buruk masyarakat membuang sampah sembarangan di jalan dan sungai, terkadang sampah tersebut juga dibakar. Padahal membakar sampah berbahaya bagi pernafasan. Apalagi jika yang dibakar adalah sampah plastik, asap pembakarnya lebih bahaya ketimbang menghisap asap rokok dan juga bisa merusak kesuburan tanah.

Jika hal ini terus terjadi maka bumi kita akan semakin tercemar dan lingkungan menjadi tidak sehat lagi. Dampak ini akan semakin meluas hingga anak dan cucu kita yang harus menanggung akibat kelalaian kita mengelola sampah.

Melihat kondisi lingkungan yang memprihatinkan, Gemi Maal bersinergi bersama ibu-ibu anggota Rembug Minggon Koperasi Syariah Gemi mengadakan program Bank Sampah. Apa itu Bank Sampah? Bank Sampah adalah suatu bentuk pengelolaan sampah anorganik yang dipilah sesuai kategori tertentu yang memiliki nilai jual dengan menggunakan sistem perbankan.

Anggota koperasi Syariah Gemi sebagian tinggal di wilayah pedesan. Edukasi mengenai pengelolaan sampah masih sangat rendah. Sebagian besar masyarakat masih membakar sampah, entah sampah organik maupun anorganik. Padahal hal ini bisa menimbulkan masalah yang besar. Untuk itu kami punya slogan ”Sampah Jadi Berkah”. Sampah itu punya nilai jika kita mampu mengelolanya dengan benar.

Setiap bulannya ibu-ibu bisa menyetorkan sampah yang sudah dipilah, kemudian di timbang dan akan di catat dalam buku tabungan. Sampah-sampah anorganik yang memiliki nilai jual sangat banyak dan beragam, seperti plastik, kertas, kaleng, besi, dan lain sebagainya. Saat ini Gemi Maal menginisiasi Bank Sampah di Wilayah Nglipar Gunungkidul, Sewon Bantul, dan Lendah Kulonprogo. Setiap bulan ibu-ibu sudah rutin menimbang/ setor sampah kemudian di catat dalam buku tabungan. Tabungan tersebut di ambil setahun sekali atau sesuai kesepakatan. Harapannya Bank Sampah ini bisa menjadi upaya mewujudkan lingkungan yang bersih, sehat dan asri.  Selain itu juga bisa berkembang untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

-Rizky-