Para peserta pelatihan beserta hasil ketrampilan hantaran pengantin yang baru saja telah dibuatnya
Pada tanggal 13 November 2015, pukul 13.00, GEMI area gunungkidul melakukan pelatihan ketrampilan hantaran pengantin, yang dilaksanakan di balai dukuh Susukan III, Genjahan, Ponjong.
Hantaran pengantin adalah pelatihan membuat kemasan hantaran (barang2 yg diantarkan) ketika acara pernikahan.
Jenis hantaran; khususnya hantaran mukena, yang dibuat menyerupai kubah masjid. dan hantaran pengantin yang berupa merak.
Suasana Pembukaan & Sambutan
Acara sambutan oleh ibu sundari, mewakili manager Gemi. Sedang kan pembawa acara oleh ibu Titin.
Setelah itu langsung acara inti,, yaitu pelatihan hantaran pengantin.
Bahan2 yang dibutuhkan yaitu ; mukena,, kain batik, bola plastik,, Kotak sanggan,, pita,, kertas emas. Dan Bahan pembantu; peniti,, karet, dan koran.
Bu Sundari dan mBak Rohmi sedang Mempraktekkan Pembuatan Hantaran Pengantin
Dalam hantaran pengantin mukena, Mukena disusun menyerupai Kubah, dengan bentuk setengah bola dalam kotak sanggan. Caranya dengan menaruh bola plastic di bawahnya, lalu dihias dengan berbagai aksesoris. Selain mukena sebagai penutup dan menaranya, juga dihiasi dengan pita dan kertas emas.
Hasil Akhir dari Hantaran Berbentuk Masjid
Sedangkan untuk hantaran penganten Merak, dengan terlebih dahulu membentuk ekornya dengan menggunakan bantuan Koran bekas, lalu di bagian badan ditaruh bola plastic yang telah dipotong jadi dua bagian. Sedangkan untuk kepalanya dibuat secara manual, dihias dengan beberapa aksesoris untuk memperindah hantaran.
Hasil Akhir dari Hantaran Pengantin Berbentuk Merak
Trainer dalam pelatihan Ini adalah Mbak Ndari Dan Mbak rohmi. Sedang seksi perlengkapan oleh Pak suroso dan mas Harley, dibantu dengan para pengurus GEMI area Gunungkidul lainnya.
Ketrampilan Ini tujuannya agar ibu-ibu mempunyai ketrampilan sosial, atau ketrampilan yang dibutuhkan dalam interaksi sosial keseharian, khususnya ketika adanya acara “rewang”.
Meski tidak punya pengaruh ke income, peran aktif ibu-ibu sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat, selain memenuhi kebutuhan keluarga.

Photo lainnya;