Bros adalah sebuah benda perhiasan (dekoratif), yang biasanya disematkan di pakaian atau jilbab. Bentuk bros bervariasi, sesuai dengan selera pemakainya. Di bagian belakang bros terdapat jarum (peniti) yang berfungsi sebagai pengait.
Bros biasanya diusahakan oleh home industry, sehingga sesuai dengan pekerjaan ibu rumah tangga yang menginginkan tambahan pendapatan rumah tangga. GEMI, adalah salah satu lembaga yang concern di bidang pemberdayaan usaha kaum ibu, telah menyelenggarakan pelatihan mengenai cara pembuatan bros.
GEMI menyelenggarakan pelatihan pembuatan Bros pada tanggal 1 April bertempat di Kantor GEMI area Bantul. Pelatihan ini ditujukan kepada para anggota GEMI yang berdomisili di Kabupaten Bantul. Pelatihan ini diikuti oleh sekitar 15 orang ibu. Dalam pelatihan ini, ibu-ibu dilatih dalam pengenalan bahan dan alat yang dipakai untuk membuat bros, dan langsung praktek cara membuatnya. Pelatihan ini dipandu oleh Anggi Mayangsari dan Fatimah Az Zahra, dari Kantor GEMI Pusat.
Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk menambah ketrampilan baru bagi kaum ibu, agar punya wawasan baru tentang produksi barang. Selain itu, ketrampilan ini bertujuan untuk meningkatkan silaturahmi antara pengurus GEMI dan anggotanya, dan antar satu anggota dengan yang lainnya. Upaya peningkatan hubungan antar anggota GEMI juga telah dilakukan oleh GEMI lewat pelatihan-pelatihan yang telah dilakukan sebelumnya.
Hasil dari pelatihan ini, ibu-ibu dapat memahami bagaimana proses pembuatan bros, dari awal sampai akhir, dan dapat menguasai peralatannya. Dalam pelatihan ini, peserta dapat membuat dua jenis aplikasi bros. dan diharapkan, peserta dapat mengembangkannya sendiri di rumah masing-masing.