Rapat Anggota Tahunan (RAT) merupakan lembaga tetinggi dalam koperasi sebagai media bagi pengurus dan pengawas dalam mempertanggunjawabkan kinerjanya selama satu tahun buku serta bagi media bagi anggota untuk melakukan pengawasan dan pengambilan keputusan untuk pengembangan usaha koperasi.
Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi GEMI telah dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 11 April 2014 di RM Pondok Ndeso, Jalan Imogiri Timur. Diikuti oleh 56 perwakilan anggota. Ibu Ekantini Puji Basuki selaku ketua pengurus Koperasi GEMI memaparkan dengan gamblang mengenai kinerja yang telah dilakukan selama tahun buku 2013, beberapa hal yang telah dicapai diantaranya :

  1.  Melakukan pembenahan organisasi dan peningkatan kinerja Pengurus dan Pengelola untuk meningkatkan pelayanan kepada anggota;
  2. Melakukan pendidikan dan pelatihan bagi pengurus dan pengelola, termasuk di dalamnya mengikutkan manajer-manajernya dalam sertifikasi manajer.
  3. Kinerja keuangan koperasi GEMI mengalami peningkatan signifikan dari tahun 2012.
Selain itu, masih banyak program-program kerja lain yang telah dicapai selama tahun 2013, yang disampaikan oleh Pengurus kepada Forum Rapat Anggota.
 
Dalam kesempatan ini, pengurus juga menyampaikan bahwa agenda utama yang tercantum dalam rencana kerja tahun 2014 adalah penyesuaian AD/ART dengan Undang-undang koperasi terbaru yaitu undang-undang koperasi No. 17 Tahun 2012.
Rapat Anggota Tahunan Koperasi GEMI Tahun 2013 ditutup pada pukul 16.00, dan secara aklamasi anggota mensahkan laporan pertanggunjawaban pengurus dan pengawas Koperasi GEMI tahun 2013 dan Rencana Kerja Tahun 2014.